15 Feb 2013

Tentang Ikan Koi

Assalamualaikum wr. wb

Para agan-agan sekalian, bapak-bapak, ibu-ibu, adek-adek, mbak-mbak, mas-mas, teman-teman dan para pembaca sekalin :-), dalam postingan kali ini saya ingin berbagi pengetahuan aja tentang beberapa jenis ikan koi, ada banyak sekali jenis ikan koi yang ada di Indonesia. Sebenarnya, semua koi yang ada di Indonesia ini merupakan Koi dari Jepang. Akan tetapi koi yang ada di Indonesia sudah beberapa turunan dari koi yang ada di Jepang dan sudah sampai di Indonesia yang telah di budidaya oleh para pembudidaya ikan koi yang ada di Indonesia.

Nah, untuk lebih jelasnya kita langsung saja lihat definisi dan jenis-jenis ikan koi itu.

Koi (bahasa Tionghoa dan bahasa Jepang: 鯉, Romaji: koi) adalah jenis ikan karper yang dipelihara untuk meoi dianggap membawa keberuntungan.


Koi sebenarnya merupakan mutasi dan hasil persilangan dari beraneka warna ikan mas(karper). Bertahun-tahun yang lalu, para petani di Niigata Jepang membutuhkan sumber protein selama musim dingin yang panjang Mereka memelihara ikan karper di kolam sampai mereka mencapai ukuran tertentu . Pada akhirnya para petani menyadari bahwa beberapa dari ikan mas tersebut memiliki warna yang berbeda, sehingga mereka terus memelihara dan dibesarkan. Dari situlah awal pembudidayaan ikan koi dimulai sehingga sampai beberapa ratus tahun kemudian mengalami perkembangan yang cukup pesat..


Jenis ikan koi mengalami perkembangan dan pertumbuhan menjadi banyak jenis. Jenis-jenis ini didasarkan pada pola warna koi, sisik dan lain-lain. Pada akhirnya banyak sekali jenis-jenis ikan koi yang disusun dalam klasifikasi ikan koi sebagai identifikasi. Dalam masing-masing kelas ini ada beberapa sub Kategori yang ragamnya juga cukup banyak . Klasifikasi Ikan Koi yang umum terdiri atas tipe Koi Gosanke, Shiro, Utsurimono, Asagi, Tancho, Hikarimono, Goromo, Hikarimoyo, Matsuba, dan Kawarimono. Mari membahas kita bahas masing-masing jenis pada klasifikasi koi ini.

1. Gosanke

Klasifikasi Koi Gosanke merupakan Koi yang paling populer dan banyak ditemukan di kalangan para penggemar Koi. Yang termasuk dalam kategori ini adalah Kohaku, Sanke, dan Showa. Keluarga Gosanke merupakan kombinasi Koi dengan warna Hitam, Merah dan putih. Kecuali Kohaku yang tidak memiliki unsur warna hitam.Kohaku

Kohaku merupakan Koi dengan warna Merah dan Putih. Pola merah disebut Hi. Hi yang tebal dengan tepi yang baik. Ada berbagai macam perbedaan pola warna Kohaku . Ada yang putus, ada yang besar dan menyapu.Kohaku yang baik memiliki pola yang tidak turun melewati mata dan seimbang. Warna putih pada Kohaku menjadi pusat perhatian untuk menentukan kualitasnya. Putihnya harus benar-benar putih sedangkan warna merah harus pekat dan cerah. Kohaku, Taisho Sanshoku dan Showa Sanshoku adalah verietas yang paling populer, mereka disebut "Gosanke (3 Besar)."


Taisho Sanshoku
Taisho Sanshoku merupakan koi seperti pola Kohaku (merah putih), tetapi mereka memiliki pola hitam di sepanjang punggun. Sanke yang baik adalah seperti memiliki pola Hi Kohaku . Pola hitam tidak boleh muncul di kepala . Sanke merupakan persilangangan Kohaku dengan Shiro Bekko. Karena varietas ini ditemukan pada era Taisho di Jepang, maka disebut "Taisho Sanshoku" atau disebut "Taisho Sanke" atau "Sanke".






Showa Sanshoku
Showa Sanshoku merupakan Koi dengan warna Putih, Hitam dan Merah. Showa biasanya merupakan hasil persilangan antara Kohaku dan Shiro Utsuri. Disebut Showa karena varietas ini ditemukan pada era Showa di Jepang. Singkatnya disebut "Showa Sanshoku" atau "Showa".









2. BEKKO

Bekko is colored Koi type with a black pattern.

Shiro Bekko

Shiro Bekko adalah jenis Koi berkulit putih dengan pola hitam kecil-kecil. Pola (hitam) sumi pada Shiro Bekko harus seimbang dan memiliki tepi tajam (Kiwa). Shiro Utsuri dan Shiro Bekko memiliki kemiripan, karena pola warnanya sama. Perbedaan antara Shiro Bekko Dan Shiro Utsuri adalah pada Shiro Utsuri memiliki pola warna hitam yang lebih besar hitam sedangkan Shiro Bekko memiliki sedikit warna hitam.

Ki Bekko

Ki Bekko merupakan Koi berwarna kuning dengan pola hitam di atasnya. Seperti halnya Shiro Bekko, tapi warna dasarnya kuning cerah. Pola (hitam) sumi pada Ki Bekko harus seimbang dan memiliki tepi (kiwa) tajam. Ki Bekko agak jarang daripada sepupu nya, Shiro Bekko.

Aka Bekko

Aka Bekko merupakan koi merah dengan pola hitam di atasnya. Warna hitam membentuk spot yang menarik dan indah.

3. UTSURIMONO

The black Koi with a colored pattern.

Shiro Utsuri

Shiro Utsuri, merupakan koi hitam dan putih dengan pola warna yang unik dan menarik. Bagian kepala Shiro utsuri terdiri atas warna hitam dan putih, tidak boleh hanya terdiri atas satu warna saja( Hitam saja atau putih saja). Berbeda dengan shiro bekko, shiro utsuri merupakan koi dengan warna dasar hitam.





Ki Utsuri

Ki Utsuri hampir sama dengan Shiro Utsuri, hanya saja warna pada Ki Utsuri adalah kuning dan Hitam. Pola warna dan kriteria penilaian sama dengan Shiro Utsuri.

Hi Utsuri

Hi Utsuri merupakan Koi dengan warna merah dan hitam yang membentuk pola unik dan menarik.

4. ASAGI

Asagi merupakan jenis koi yang sudah cukup lama keberadaannya. Asagi merupakan Koi Biru dengan perut berwarna merah, keindahan asagi ada pada pola yang utama adalah sisik yang nampak seperti pola berupa jaring tipis diatas warna dasar indigo. Idealnya Asagi memiliki kepala yang putih bersih.








SHUSUI

Shusui merupakan jenis koi dari keluarga asagi namun tidak memiliki sisik. Sisik pada shusui hanya ada pada bagian punggung saja. Warna sisik idealnya berwarna gelap dan ada sepanjang punggung secara lengkap dan rapi.





5. TANCHO

TANCHO GOROMO


Tancho Goromo merupakan koi yang memiliki pola bulat pada bagian kepala, yang berupa pola Goromo/anggur.












TANCHO KOHAKU

Tancho Kohaku merupakan koi putih dengan bulatan merah di kepala. Semakin bulat dan tajam semakin menambah keindahan koi jenis ini.












TANCHO GOSHIKI

Tancho Goshiki memiliki pola tancho di kepala dengan warna dan sisik badan adalah koi jenis goshiki.












TANCHO KUJAKU

Tancho Kujaku adalah koi platinum yang memiliki pola tancho atau koi jenis hikarimoyo yang memiliki pola tancho.






TANCHO SANKE

Tancho Sanke adalah koi jenis Sanke yang memiliki pola tancho dan tak ada pola warna merah diseluruh badan kecuali pola bulatan tancho.












TANCHO SHOWA

Tancho Showa adalah koi jenis Showa yang memiliki pola tancho dan tak ada pola warna merah diseluruh badan kecuali pola bulatan tancho itu.












6.HIKARIMONO

Hikarimono adalah metallic Koi atau koi dengan warna keemasan yang kemilau. Warna Hikarimono adalah warna tunggal misalnya kuning kemilau, orange dan lain-lain. Disebut juga dengan Hikarimuji . Hikari berarti mengkilap.
Nezu Ogon, Koi dengan warna abu-abu kemilau
Orenji Ogon, Koi dengan warna orange kemilau
Platinum Ogon, Koi putih kemilau/silver
Yamabuki Ogon, Koi Berwarna Kuning kemilau





7. GOROMO
Goromo adalah Koi dengan pola warna merah yang sekelilingnya berwarna gelap.
Ai goromo
Budo Goromo
Sumi Goromo









8. HIKARIMOYO
Hikarimoyo adalah keturunan dari perkawinan Ogon dengan koi lain (kecuali Utsuri), termasuk juga Hariwake. Yang masuk dalam daftar Hikarimoyo-mono adalah Hariwake, Yamabuki-Hariwake, Orange-Hariwake, Hariwake-Matsuba, Hariwake-Doitsu, Kikusui, Kin Showa, Kujaku, Yamato Nishiki, Doitsu, Kikusui.










9. KAWARIMONO
Kawarimono adalah Koi non metalik yang tidak termasuk dalam kelompok lainnya. Yang termasuk dalam daftar Kawarimono adalah Karasugoi (Dark Koi), Kigoi (Yellow Koi), Chagoi (Brown Koi), Midorigoi (Green Koi), dan Matsuba.

Karasugoi mempunyai badan yang lebih gelap dibandingkan Magoi (koi hitam). Kigoi adalah koi yang mempunyai badan berwarna kuning. Beberapa Kigoi mempunyai mata berwarna merah. Chagoi adalah koi yang berwarna cokelat. Khusus koi yang masih keluarga karper Jerman, tumbuhnya lebih cepat, dan umumnya berukuran besar.

Matsubagoi adalah koi yang seluruh sisiknya berwarna cerah. Matsuba yang berwarna merah gelap disebut Aka-Matsuba. Ki-Matsuba untuk yang kuning, dan yang putih disebut Shiro-Matsuba. Kin-Matsuba dan Gin Matsuba merupakan sebutan untuk keturunan Matsuba dan Ogon.

Midorigoi adalah nama yang diberikan untuk koi Jerman yang mempunyai sisik berwarna hijau kekuningan. Ikan ini hasil ternakan Tadao Yoshioka yang mengawinkan jantan Shusui dan Yamabuki-Ogon. Itu terjadi pada tahun 1965.

10. HAIJIRO

Aka Haijiro
Chagoi
Kigoi
Midorigoi
Soragoi






11. KIN GIN RIN
Kin Ginrin adalah Koi dengan sisik keemasan atau keperakkan.








12. GOSHIKI
Goshiki adalah Koi jenis Asagi yang mempunyai pattern warna merah.









13. DOITSU
Koi dengan sisik hanya dibagian punggung / sisi saja.









14. MATSUBA
Matsuba artinya pohon pinus, Ikan koi jenis ini mempunyai pola dasar di seluruh bagian tubuh dengan sisik berwarna gelap (indigo). Dinamai MATSUBA karena penampilan sisiknya yang menyerupai buah pinus











Nah, begitulah beberapa jenis ikan koi yang saya ketahui, mungkin masih ada banyak lagi jenis-jenis koi yang belum saya ketahui. Dari persilangan koi jenis satu dengan koi jenis lainnya mungkin bisa menghasilkan koi jenis baru.

Sekian postingan saya kali ini, Semoga bisa bermanfaat bagi agan-agan sekali. :-)

Wassalamualaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar