18 Jun 2013

Tips Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina

Assalamualaikum wr. wb

Pada postingan saya sebelumnya saya sudah berbagi pengetahuan tentang Jalak Suren atau Jalak Uren. Nah, pada postingan saya kali ini saya ingin berbagi tips tentang cara membedakan jalak suren jantan dan betina.

Di alam bebas burung jalak suren banyak makan jenis-jenis buah-buhan, biji-bijan dan serangga, seperti belalang, ulat, kupu-kupu, jangkrik, telur semut (kroto) dan lain-lainnya. Tempat mencari makannya adalah sawah, padang rumput dan tanah terbuka lainnya, tak jarang burung ini turun ke tanah untuk mencari makanan yang tersimpan didalam tanah seperti cacing dan sejenisnya.

Jalak suren mulai dewasa pada umur 8-10 bulan. Sat itulah, ciri fisik dan tingkah laku burung jantan dan betina mulai bisa dibedakan. Untuk membedakannya, harus dilakukan dengan pengamatan yang seksama.

Secara umum untuk membedakan jenis kelamin burung jalak suren jantan dan betina ada beberapa cara yaitu :
  1.  Pada kulit di atas mata warna merahnya terlihat lebih cerah dan jelas disbanding betina.
  2. Burung jalak suren jantanBentuk badannya lurus dan sedikit zlebih besar disbanding betina.
  3. Bulu kepala dan punggung berwarna hitam legam.
  4. Dilihat pada ekornya lebih panjang dan menyatu.
  5. Pada bulu yang mempunyai warna putih pada bagian bawah terlihat lebih bersih.
  6. Jambulnya pada kepalanya lebih panjang dan melebar saat mengembang.
  7. Kaki terlihat kokoh dan panjang.
  8. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat pada duburnya jika terlihat warna biru atau ungu itu jantan.


Burung Jalak Suren Betina
  1. Mempunyai bentuk tubuh yang agak bulat dan pendek.
  2. Warna hitam dan putihnya terlihat suram.
  3. Gerakannya kurang lincah dan tidak agresif.
  4. Jika dilihat pada ekornya lebih pendek dan halus.
  5. Warna merah pada bagian kepala atau lebih tepatnya di atas mata terlihat pucat.
  6. Jambulnya terlihat agak pendek.
  7. Kakinya terlihat pendek dan tidak kokoh.


“Senang sekali jika dari temen-temen mau berbagi pendapat dengan kami melalui forum koment di bawah ini, kami sangat mengharap kritikan dan masukannya untuk membangun blog ini menjadi yang lebih baik lagi. Terima kasih”.

Wassalamu'alaikum wr. wb

Sumber : Berbagai Sumber

5 komentar:

  1. mas aji, saya penggemar burung pemula....mmmmm dimana saya bisa dapat anakan jalak uren dengan kwalitas bagus.....berapa harganya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas ariph,
      sebelumnya mohon maaf mas ariph, saya juga penggemar burung pemula, jadi untuk mencari jalak uren yang berkualitas bagus saya juga sedang belajar, tp saya ada beberapa informasi buat mas ariph soal harga jalak uren, saya pernah tanya langsung di pembudidaya jalak uren, untuk umur 3 bulanan dipatok harga 400rb, sedangkan untuk usia remaja yg siap produk atau kata lain burung udah berjodoh itu dipatok harga sekitar 1,9 jt/pasang. Kalau mau menjodohkan sendiri alias burung belum berjodoh hanya asal jantan dan betina, bisa ditebus dengan harga sekitar 1,6 jt/pasang. Itu harga di pembudidaya pada bulan Juli, Sebelumnya saya juga pernah bertanya pada Bulan Januari. Pada bulan januari itu harganya masih 1,5 jt/pasang siap produk usia remaja. Kemudian saya coba beli di pasar harganya 1,1 jt/pasang tp belum berjodoh, soal kualitas lumayanlah. Kalau di pembudidaya harga bulan januari dan juli berbeda itu MENURUT SAYA karna pada bulan juli itu mendekati musim kawin bagi burung. jadi pembudidaya otomatis meningkatkan harga jual burung. Kalau penjual dipasaran bisa saja tidak tau tentang musim kawin burung, jadi mereka jual dengan harga2 yang standart aja. Saran Saya kalau mau beli Jalak Uren langsung dari pembudidaya pas awal tahun aja, mungkin bisa lebih murah dan kalau di pasar kita harus jeli2 memilih burung.
      Terima Kasih Mas Ariph telah mampir di blog saya, semoga informasinya bermanfaat,,,

      Hapus
  2. saya juga pemula gan. barusan beli 1 pasang indukan jalak uren dari temen bilanggnya udah 6x bertelur sayangnya juma sekali yang jadi anakan kenapa ya gan? trus tu burung smp rumah ku taruh dalam sangkar ukuran 60x40cm T=50 cm tu burung bercumbu terus lalu ku bikinin sangkar ukuran 100x100cm T=2m awalya tu burung baik2aja di hari ke 3 tu burung malah berantem terus smp depan hidungnya berdarah mohon pencerahannya gan

    BalasHapus
  3. maaf ikut komen...nungkin karna birahi ,,,,,suka di kasih mkn apa nas arif?

    BalasHapus
  4. trim gan infonya sangat jelas dan lugas

    BalasHapus